Assalammualaikum Wr.Wb
Welcome
to my blog……
Kembali lagi dengan saya Gobar di Catatan Mungil. Pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan pemakaian Graphics pada bahasa pemrogram C#, mouse adalah salah satu
input komputer yang sangat penting. Mouse sangat dibutuhkan untuk
berinteraksi dengan GUI aplikasi Windows. Dengan mouse, user dapat
mengarahkan kursor, menge-klik maupun menge-drag sebuah object. Menekan,
melepaskan tombol mouse maupun menggerakkan kursor mouse akan menghasilkan
event. Nahhhh…… pada kesempatan kali ini, kita mencoba memanfaatkan
event-event mouse tersebut untuk menggambar grafik. Untuk menggambar pada
form, atau object lain sebagai base menggambar, kita akan
menggunakan object Graphics. Di dalam object ini
terdapat beberapa method untuk menggambar text, garis, persegi panjang dan
elips.
Baiklah….,, untuk lebih jelasnya, silahkan mengikuti langkah –
langkah berikut :
Pertama-tama
kita harus mendeklarasikan object Graphics, dan kita
letakkan sebagai global.
letakkan sebagai global.
Lalu,
variabel “ shouldPaint “ adalah variabel boolean yang harus
kita deklarasikan di awal sebagai variabel global agar dapat diakses
oleh semua fungsi, taruh dibawah object Graphics diatas, seperti dibawah ini :
Kemudian
baru kita buat instance object-nya. Untuk class Graphics, kita tidak bisa
mendeklarasikan lalu langsung membuat instancenya. Karena method
CreateGraphics tidak bisa digunakan langsung ketika kita mendeklarasikan
Graphics. Oleh karena itu, untuk membuat instance object, kita lakukan di
event FormLoad.
Kita
mulai menggambar apabila tombol kiri mouse ditekan. Selama ini kita
membuat program ketika tombol kiri mouse di-klik. Untuk menambahkan
program apabila tombol kiri mouse ditekan (atau apapun selain klik), gunakan
event yang ada di toolbox properties. Klik ganda pada MouseDown, maka kita
akan dibawa ke source code untuk event OnMouseDown. Seperti berikut :
Tambahkan program berikut :
Kemudian
agar aplikasi mulai menggambar ketika mouse digerakkan, maka kita harus
membuat program ketika mouse bergerak. Klik ganda pada MouseMove,
maka kita akan dibawa ke source code untuk event OnMouseMove. Seperti berikut :
Tambahkan program berikut :
Statement
di atas adalah untuk menggambar elips dengan menggunakan brush berwarna
biru keunguan, di koordinat event X dan event Y, tinggi elips sebesar Diameter,
lebar elips sebesar Diameter juga alias lingkaran.
Agar aplikasi berhenti menggambar ketika tombol mouse dilepas, maka kita harus menambahkan program di event OnMouseUp. Seperti berikut :
Agar aplikasi berhenti menggambar ketika tombol mouse dilepas, maka kita harus menambahkan program di event OnMouseUp. Seperti berikut :
Tambahkan program berikut :
ini
adalah program lengkapnya :
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;
namespace Mouse
{
public partial class Form1 : Form
{
private Graphics
Gobar; //Gobar
adalah Variabel ( bebas untuk namanya )
private Boolean
shouldPaint;
public Form1()
{
InitializeComponent();
}
private void
Form1_Load(object sender, EventArgs e)
{
Gobar = CreateGraphics();
}
private void
Form1_MouseDown(object sender, MouseEventArgs e)
{
if (e.Button == MouseButtons.Left)
{
shouldPaint = true;
}
}
private void
Form1_MouseMove(object sender, MouseEventArgs e)
{
int Diameter = 10;
//Lebar diameter Lingkaran
if (e.Button == MouseButtons.Left)
{
//Membuat bentuk Lingkaran dari fungsi Ellipse
Gobar.FillEllipse(new SolidBrush(Color.DarkBlue),
e.X, e.Y, Diameter, Diameter);
}
}
private void
Form1_MouseUp(object sender, MouseEventArgs e)
{
shouldPaint = false;
}
}
}
Terakhir……,,
Jalankan programnya, maka kita dapat membuat seperti tampilan dibawah ini
menggunakan mouse.
Baiklah…,, Demikian sedeikit
penjelasan yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan saya
mohon dimaafkan. semoga ini bermanfaat :)
Nantikan terus
postingan-postingan saya selanjutnya di
Wassalammualaikum Wr.Wb
Terima Kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar